Pembangunan sektor industri Di Indonsia yang telah berjalan sekitar 50 tahun selain telah memberi dampak positif bagi negara, juga memberikan dampak negatif terhadap permasalahan lingkungan terutama pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah industri serta pemanfaatan sumber daya alam yang tidak efisien.

Kepedulian terhadap lingkungan ditunjukkan Sekolah Pascasarjana Universitas Diponegoro dengan meggelar acara Seminar Nasional Industri Hijau dan Investasi Hijau di awal November kemarin. Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo, S.H, M.IP sebagai Keynote Speaker. Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. juga hadir dan membuka acara seminar tersebut.

Seminar Nasional juga dihadiri para pemakalah yang berkompeten dalam bidangnya yaitu, Dr. Lintong Sopandi Hutahean, M.Che selaku kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Industri Hijau dan lingkungan Hidup, Tri Dewi Virgiyanti, ST, MEM selaku Kepala Sub Direktorat Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Ir. Sujarwo Dwiatmoko, MSi selaku Kepala BPMD Jateng, Firmansyah, SE., M.Si., Ph.D selaku Wakil Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNDIP Bidang Riset dan Inovasi, Kurniasaputra dari PT. Eco Smart Garment indonesia dan Bezaliel Pakke selaku HR Manager Indofood CBP Sukses makmur Tbk.