Kuliah Umum

 

 

 

 

 

 

 

Semarang – Sekolah Pascasarjana UNDIP mengadakan kuliah umum dengan tema “A Low Karbon Economy: Companies Responses to Identifying and Managing the Carbon Footptint” pada tanggal 3 Juni 2016, bertempat di Ruang Soemarman, Lt.6 Gedung A Pascasarjana UNDIP.

Narasumber pada kuliah umum ini adalah Prof. Dr. Richard Gertman yaitu seorang pakar lingkungan Amerika Serikat dan konsultan perencanaan lingkungan dari California. Beliau didampingi oleh Prof. Sudharto P. Hadi, MES, PhD, pakar lingkungan UNDIP sebagai moderator.

Hadir juga Dekan Sekolah Pascasarjana Prof. Dr. Ir. Purwanto, DEA yang membuka acara kuliah umum tersebut, Wakil Dekan II  Sekolah Pascasarjana UNDIP Dr. Tri Retnaningsih Soeprobowati, MappSc, Kaprodi Doktor Ilmu Lingkungan DR Hartuti Purnaweni, MPA dan Kaprodi Magister Ilmu Lingkungan  Dr. Hadiyanto, S.T., M.T.

Prof. Dr. Richard mengatakan, “Harus dimulai dari orang per orang untuk bisa merawat lingkungn ini. Misalnya, bagaimana semua peduli dengan keberadaan sampah di kota ini. Jangan sampai sampah menjadi racun atau limbah”.

Pada bagian lain, beliau menambahkan kebutuhan pemakaian energi terbarukan dewasa ini. Isu ini sangat penting melihat kondisi cadangan minyak bumi yang kian menipis. Lebih dari itu, pemanfaatan energi berbahan fosil juga menyumbang pengaruh buruk.

“Sebenarnya banyak alternatif energi terbarukan yang bisa dimanfaatkan. Sebut saja tenaga angin, surya, air, panas dan lainnya,” papar Prof. Dr. Richard.

Materi bisa didownload disini