009Sebagai salah satu perwujudan Tridharma Perguruan tinggi, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat pada tanggal 24 Juni 2015 yang lalu dengan mengambil lokasi di Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara.001Ada pun alasan pemilihan lokasi Tanjung Mas atau Tambaklorok, sebagaimana disampaikan oleh Dr.Ing. Suherman, S.T., M.T. selaku Ketua kegiatan, adalah sesuai dengan yang sudah dicanangkan oleh pemerintah bahwa kawasan Tambaklorok dijadikan sebagai percontohan desa bahari, dan Program Pascasarjana UNDIP merasa turut berkewajiban mewujudkan program pemerintah tersebut.

Program Pascasarjana UNDIP melaksanakan 3 kegiatan sekaligus, yaitu: Sosialisasi Perbaikan Lingkungan Kampung Tambaklorok Kelurahan Tanjung Mas Semarang, Penyuluhan Kesehatan Lingkungan Pemukiman Wilayah Pantai/Pesisir Pantai, dan Pelatihan Digitalisasi Arsip Kelurahan Tanjung Mas Semarang.

012 011010

Kegiatan sosialisasi dan penyuluhan dilaksanakan di Ruang Pertemuan Kelurahan Tanjung Mas lantai 2, dihadiri oleh sekitar 60 warga, sedangkan Pelatihan Digitalisasi Arsip lebih diperuntukkan bagi perangkat kelurahan, dilaksanakan di Ruang BKM lantai 1.

002Acara juga dihadiri oleh Camat Semarang Utara, Djaka Sukawijana, SH, yang dalam sambutannya Beliau menyampaikan bahwa Kelurahan Tanjung Mas merupakan salah satu kawasan paling padat penduduk di kota Semarang, sekaligus juga salah satu penyumbang jumlah warga tidak mampu terbanyak di kota Semarang.

003Kesempatan selanjutnya, Prof. Dr. Ir. Purwanto, DEA, Direktur Program Pascasarjana UNDIP, menyampaikan penghargaan atas sambutan dan kerjasama dari seluruh perangkat kelurahan dan warga Tambaklorok, dan berharap bahwa kegiatan ini tidak hanya bisa dilaksanakan tahun ini saja, tapi sampai 3-4 tahun ke depan.

 006004005

Dalam kegiatan kali ini pun Program Pascasarjana menyerahkan bantuan berupa 6 unit tong sampah, 1 unit printer multifunction, dan 1 layar monitor yang diserahterimakan dari Direktur Program Pascasarjana kepada Kepala Kelurahan Tanjung Mas, Drs. Margo Haryadi, MM. Sebelumnya pula ditandatangani MoU antara Direktur Program Pascasarjana dengan Camat Semarang Utara mengenai Kegiatan Pengabdian Masyarakat dan keberlanjutannya.

008Acara ditutup dengan buka bersama oleh seluruh hadirin.