Sehari menjelang pelaksanaan Wisuda ke-138 Universitas Diponegoro, tepatnya pada hari Selasa, 27 April 2015, bertempat di lantai 6 Gedung Pascasarjana TTB-A, Program Pascasarjana Undip telah mengadakan Pembekalan bagi calon wisudawan Program Pascasarjana periode April 2015 (=lulusan periode 1 Januari s.d. 31 Maret Tahun 2015). Acara dibuka oleh Direktur Program Pascasarjana , Prof. Dr. Ir. Purwanto, DEA, dengan dihadiri oleh semua unsur baik para calon wisudawan, pengelola Program Studi maupun tenaga administrasi terkait. Dalam laporannya Asisten Direktur bidang Akadamik Prof. Dr. Ir. Seno Johari, MSc. menyampaikan bahwa jumlah lulusan Program Pascasarjana periode 1 Januari s.d 31 Maret 2015 sebanyak 46 orang, yang meliputi 11 orang program doktor dan 35 orang program magister dengan 9 orang diantaranya berhasil memperoleh predikat Cumlaude.

Dalam aca01ra tersebut sebagai wakil wisudawan ditunjuk Dr. Badrus Zaman, S.T., M.T., lulusan dari Doktor Ilmu Lingkungan, dalam sambutannya menyampaikan suka duka selama menempuh pendidikan doktor, serta perjuangan dalam menyelesaikan pendidikan. Sedangkan

sebagai Pembicara Pembekalan Prof. Dr. dr. Hardhono Susanto, PAK, menyampaikan bahwa para calon wisudawan jangan hanya mengingat sisi “susah”nya saja, tapi juga harus mengenang sisi yang membahagiakan juga. Setelah wisuda, hal-hal yang dianggap susah, juga harus dilupakan karen02a para calon wisudawan akan menghadapi tantangan yang lebih besar setelah wisuda nanti.

Sebelum acara ditutup, Direktur Program Pascasarjana menyampaikan pesan bahwa, guna menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang semakin mendekat, di satu sisi merupakan kesempatan dari para lulusan untuk mengembangkan karier di negara kawasan Asean, tapi di sisi lain juga merupakan tantangan bagi para lulusan dalam menghadapi persaingan. Prof. Purwanto berharap, bangsa Indonesia tidak hanya bisa mengimpor produk luar, tapi juga harus bisa mengekspor ke luar negeri, khususnya tenaga-tenaga berpendidikan dan berkualitas.

Acara pembekalan yang berlangsung kurang dari 3 jam tersebut, juga dimeriahkan dengan alunan persembahan beberapa lagu oleh mahasiswa dan staf adminidtrasi Program Pascasarjana, dan dalam kegiatan tersebut para lulusan sama sekali tidak dipungut biaya.

Berikut perincian calon Wisudawan/lulusan dari masing –masing Program Studi :

1. Program Doktor :
1.1. Ilmu Kedokteran / Kesehatan : 4 Orang
1.2. Ilmu Lingkungan : 7 Orang

2. Program Magister
2.1. Ilmu Lingkungan : 19 Orang
2.2. Epidemiologi : 5 Orang
2.3. Sistem Informasi : 11 Orang